Tentang Jeon Somi, Trainee JYP Yang Tak Kunjung Debut

Secara teknis Somi sudah melakukan debut beberapa kali, dan bahkan dihitung sebagai debut terbanyak dalam sejarah JYP. Tapi publik mempertanyakan JYP kenapa tidak kunjung mendebutkannya secara permanen, padahal anak itu dianggap cukup worth it.

IOI, Unnies, dan Girls Next Door.

Untuk seukuran trainee kariernya sudah cukup membuat orang iri, usianya saja masih 16 tahun tapi dia bahkan sudah bisa berkolaborasi dengan nama-nama familiar seperti ex-2NE1 Minzy, Red Velvet Seulgi, Eric Nam dan Mamamoo Moonbyul, bahkan untuk ukuran idol-yang-sudah-debut itu adalah hal langka yang sangat jarang terjadi. Somi juga masih duduk di bangku sekolah, dia bahkan baru lulus SMP tahun ini. Astaga nak.

Awalnya Somi menjadi sorotan karena dia nyaris menjadi member TWICE, ada yang mengatakan tarian Somi tak sebagus yang lain makanya dia tereliminasi, but in my very honest opinion, JYP tidak mendebutkan Somi jelas bukan karena berbakat atau tidaknya, kalau dilihat dari formasi TWICE saat ini ada beberapa nama yang dianggap lack in alot of aspect, but JYP have decided to debut them anyway, jadi garis bawah, ini bukan hanya soal bakat.

Alasan kedua kenapa Somi menjadi sorotan adalah latar belakang keluarganya, ibunya mungkin orang Korea, tapi Somi punya darah campuran Kanada-Belanda dari ayahnya Matthew Douma.

image

Somi with her bodyguard.. I mean father


Somi sebenarnya tidak memiliki marga Korea, itu karena hanya pihak orang tua laki-laki saja yang bisa menurunkan marganya, nama asli Somi adalah Ennik Somi Douma, jadi nama Jeon diambil dari marga ibunya, Jeon Sun Hee.
image

Somi juga seorang atlet Taekwondo sabuk hitam tingkat tiga.

Dan itu membuat fisik Somi berbeda dari mayoritas orang Korea, tingginya sudah 168/169 cm di usianya yang masih 16 tahun (2017)

image

Yoojung (159cm)

But IOI is bunch of giant honestly

Somi tidak terlalu bangga dengan status darah campurannya itu, ia bahkan pernah mengeluh dan minta operasi plastik karena hidungnya yang terlalu mancung, dia juga dibully di sekolahan saat masih kecil, ayahnya tahu Somi hanya ingin memiliki fisik yang lebih membaur dan tidak terlalu menonjol, tapi melakukan operasi plastik tentu bukan jalan keluar terbaik, maka dari itu sang ayah mengajari Somi bagaimana menerima apa yang sudah ada pada dirinya.

Thats right, you have to accept yourself before you want people to accept you, somehow I can relate to this story. Baper level 101.

Alasan ketiga kenapa Somi menjadi sorotan adalah kemenangannya di Produce 101.
IOI mungkin yang paling mendalam bagi Somi, setelah kalah di SIXTEEN dia menjadi sorotan netizen dan diberi gelar Dia-yang-nyaris-menjadi-member-TWICE, rasanya kok lebih menyakitkan dari para trainee yang memang sudah sejak awal tereliminasi,

image

Teary af, shes only 15th that time

Di Produce 101 dia kembali bersinar, Somi menjadi trainee unggulan sampai akhirnya dia menyabet gelar juara pertama, disanalah dia debut dengan IOI sebagai center sekaligus maknae,

Seperti menuang air dingin di atas luka bakar.
image

Jika kalian mengikuti dan cukup tahu bagaimana Somi tereliminasi di SIXTEEN dan mendengar dia menjadi juara pertama di IOI, kalian akan menangis, like a proud parent, nah I’m not old enough to be her parent but damn! I want my future daughter to be just like Somi, young blood with alot of determination. Well deb you are only twenty! Now you sounds fourty.

Nothing last forever, which makes IOI dont last too, mereka harus bubar, karena ini memang dari awal hanya projek sementara, semua member sudah tahu disbandment itu akan terjadi dalam waktu dekat, tapi mereka masih tidak bisa menyembunyikan kesedihannya saat itu benar-benar terjadi.
image

image

image

Like they dont want to do it but they have to, oh my…thats hurt.

Analogi gue 2.0 : Itu seperti menuang air dingin di atas luka bakar, dan membakarnya lagi.

Alasan keempat kenapa Somi menjadi sorotan adalah kehadirannya di SISTER SLAM DUNK musim kedua, disana lagi-lagi dia harus mempersiapakan debutnya sebagai salah satu member girl group UNNIES, Somi sangat senang bisa berada satu grup dengan idolanya, Gong Minzy. Kim Sook bahkan memanggil mereka MinSomae. Btw Kim Sook cukup terkejut saat tahu Somi kelahiran 2001, soalnya dia di Unnies adalah member tertua, benar-benar tua sampai kalau usia Minzy ditambahkan dengan usia Somi, tetap masih lebih banyak usia Sook. Unnies benar-benar girl group terunik dalam sejarah KPOP, melihat formasi member yang rata-rata usianya tiga-puluhan, bisa mendapat peringkat 100 besar sudah membuat Somi cukup senang, cukup mengejutkan melihat kenyataannya bahwa Unnies bisa menyabet juara satu di beberapa chart musik Korea, mengalahkan Taeyeon dan Twice. *garis bawah kalimat terakhir*

Alasan kelima Somi menjadi sorotan adalah kemunculannya di IDOL DRAMA OPERATIONS TEAM. Semacam acara yang menuntut para idol membuat drama mereka sendiri, sekaligus menjadi pemeran utamanya, dan kok ya kebetulan tema drama yang mereka buat adalah ‘Perjuangan seorang trainee untuk menjadi Idol.’ Di drama itu dibentuklah sebuah grup bernama Girls Next Door, dan sempat juga tampil sungguhan di Music Bank.

image

Idol Drama Operations Team | Girls Next Door performing Deep Blue Eyes

Alasan JYP belum juga mendebutkan Somi :

– JYP sedang fokus dengan TWICE, investasi besar-besaran sudah dilakukan, jadi kalau mendebutkan grup baru takutnya TWICE terbengkalai atau malah grup baru itu jadi flop, inget sejarah Wonder Girls sama Miss A. No matter how tallented they are, Miss A will never ever be as sucesfull as Wonder Girls. Sebenarnya bukan hanya Miss A, ini terjadi juga di agensi lain, misal di SM, f(x) menjadi anak perempuan kedua yang terabaikan. Ini kenapa gue bawa-bawa syndrom anak kedua sih -,-‘

– Mendebutkan sebuah grup itu mahal, JYP sendiri yang mengatakannya, apalagi sebuah girl group.

– Jeon Somi terlalu terkenal untuk seukuran trainee, takutnya kalau didebutkan di sebuah grup, member lain menjadi overshadowed by her fame. Itu ketimpangan yang tidak fair, JYP pernah melakukan kesalahan yang sama dengan Miss A, karena hanya mempromosikan Suzy, publik luas menganggap Miss A itu hanya seputar Suzy. JYP mungkin butuh waktu untuk mencari talent, yang bisa mengimbangi ketenaran Somi.

– Kenapa tidak mendebutkan dia sebagai soloist? Somi itu bakatnya masih raw, JYP bahkan pernah bilang, Jeon Somi itu seperti kimchi yang masih belum cukup berfermentasi, sementara standard menjadi soloist di JYP itu levelnya cukup tinggi. Jadi, Soloist is a no no ~

Somi mendapat tawaran komersial pertamanya tahun ini dari produk minuman bersoda Coca*. Somi juga sudah pernah main di drama yang dia buat sendiri, muncul dimana-mana, daftar kenalan artisnya saja tidak main-main, mulai dari aktris papan atas, komedian senior, idol yang sedang naik daun, sampai idol veteran, padahal usianya masih 16 tahun. What a luckeeey betchh ~ I mean kid.

Dan untuk saat ini sepertinya status trainee adalah yang terbaik bagi Somi.

Gud Luck 솜솜

I envy your determination

Sincerely

– AraLee

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s